+62 24 7476157
humas@smp-alazhar14.sch.id
Jl. Klentengsari no.1 Banyumanik Semarang
Dua Medali Perak Spalza 14 untuk Olimpiade Sains Al Azhar ke-13 YPI Al Azhar bag. 1
blog-img
18/01/2021

Dua Medali Perak Spalza 14 untuk Olimpiade Sains Al Azhar ke-13 YPI Al Azhar bag. 1

Web Admin | Berita

Salah satu program Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar adalah kegiatan Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) jenjang SMP dan SMA Islam Al Azhar se-Indonesia.Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyiapkan murid-murid berprestasi SMP dan SMA Islam Al Azhar agar lebih siap lagi berlaga di ajang Kompetisi Sains Nasional(KSN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.Pelaksanaan Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) mengacu pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) Kemdikbud RI, baik pada jumlah mata pelajaran maupun konten materi yang dilombakan.

            Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) jenjang SMP dan  SMA Islam se-Indonesia tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-13. Di Masa  pandemi covid-19, OSA tahun 2021 dilaksanakan secara daring atau online karena belum memungkinkan untuk dilaksanakan secara offline.Kegiatan olimpiade ini dilaksanakan dalam 2 tahap, babak penyisihan pada hari Jumat, 15 Januari 2021 dan babak final hari Sabtu, 16 Januari 2021. Dalam babak penyisihan SMP akan diambil peringkat 30 teratas, sedangkan SMA diambil peringkat 18 teratas. Mereka berhak maju ke babak final.

Beradab dan berintegritas tinggi merupakan tema yang diusung dalam OSA ke-13 tahun ini. Hal ini selaras dengan visi dan misi YPIA serta arah Pendidikan Indonesia yaitu membentuk manusia seutuhnya. Pendidikan sebagai bagian dari pembentukan budi pekerti, memberi kontribusi yang besar terhadap pembentukan jati diri yang berakar pada budaya bangsa.  Sebagai Lembaga Pendidikan Islam, YPI mendorong pertumbuhan di segala bidang kehidupan seperti kebudayaan, ilmu pengetahuan, teknologi serta Bahasa. Perpaduan Sains dan teknologi membawa perubahan kehidupan umat manusia dengan Islam sebagai landasan hidup akan menjadikan kehidupan manusia semakin terarah menuju perbaikan peradaban umat manusia.

Bidang studi MIPA bekerjasama dengan Lembaga KPM (Klinik Pendidikan MIPA) sedangkan mata pelajaran IPS bekerjasama dengan Lembaga LOPI(Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia).OSA diikuti oleh 121 sekolah, SD 58 sekolah SMP 43 sekolah dan SMA 20 sekolah. Jumlah peserta 1.506 murid, SD 780 murid SMP 359 murid dan SMA 367 murid. Olimpiade Sains Nasional Al Azhar jenjang SMP meliputi bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Setiap sekolah mengirimkan maksimal 3(tiga) peserta  untuk setiap mata pelajaran.Peserta untuk jenjang SMP adalah murid kelas VII dan VIII.Setiap peserta wajib mengaktifkan video saat mengerjakan soal dan menjawab langsung di layar saat babak penyisihan dan babak final. 

bersambung ....

Bagikan Ke:

Populer