+62 24 7476157
humas@smp-alazhar14.sch.id
Jl. Klentengsari no.1 Banyumanik Semarang
LDKM: MENYIAPKAN PEMIMPIN YANG BERADAB CERDAS DAN KREATIF
blog-img
18/01/2021

LDKM: MENYIAPKAN PEMIMPIN YANG BERADAB CERDAS DAN KREATIF

Web Admin | Berita

SMP Islam Al Azhar 14 gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Murid (LDKM). LDKM tahun ini dilaksanakan dalam bentuk daring (online) karena masih dalam kondisi pandemi covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 8-9 Januari 2021. Peserta yang mendaftar LDKM berjumlah 60 orang dari kleas 7 dan 8. Pembukaan LDKM dilaksanakan pukul 13.00-13.30 WIB yang diikuti oleh kepala sekolah, panitia LDKM, peserta LDKM, dan anggota OSIS dan MPK.

Pelatihan dilaksanakan tanggal 9 Januari 2021 dari pukul 07.00-12.30 WIB. Dimulai dengan pembiasaan yang dipimpin oleh anggota OSIS-MPK. Materi yang diberikan berupa public speaking (retrorika kepemimpinan), kesekretariatan (proposal dan surat), keorganisasian, dan pendidikan karakter.

Materi publik speaking diberikan oleh pak Edy Mulyono, S.Ag. Materi pak Edy lebih ke praktik, yaitu meminta anak-anak untuk membuat teks pidato lalu mempraktikkanya dengan berpidato, salah satu teks pidato yang dikumpulkan oleh peserta yaitu /“Membangun Kepercayaan Diri untuk Menjadi Seorang Pemimpin yang Hebat/” karya Hisyam Cahya Ganendra, Kelas 7B.

 

Materi kesektariatan diberikan oleh pak Juhan Apri A, S.Pd. Materi yang disampaikan Pak Juhan yaitu pembuatan proposal dan surat. Harapannya saat peserta LDKM mengikuti organisasi, terutama menjadi sekretaris bisa mengetahui cara pembuatan proposal kegiatan dan surat menyurat. Materi Sedangkan materi keorganisasian diberikan oleh Ibu Rindang Wiranti, S.Pd. materi berupa  organisasi, visi misi, tujuan adanya organisasi.

 

Materi yang terakhir tentang pendidikan karakter oleh Ibu Widji Farijani, S.Pd. Beliau memberikan materi tentang ke-Al Azharan dan pendidikan karakter. Materi yang disajikan kepada peserta yaitu video tentang Uzzar (ilustrasi tentang kepemimpinan) dan video penerapan pembiasaan adab. Diharapkan para peserta LDKM selain menjadi pemimpin yang cerdas, kreatif, juga harus memiliki adab. Sehingga menjadi pemimpin yang bijaksana.

 

Kepala sekolah, Ibu Nur Faizah, M.Pd. berharap LDKM tahun ini tetap bisa memberikan bekal kepada calon pemimpin  masa depan, walaupun dilaksanakan secara daring tetap tidak mengurangi ruh dan semangat kepemimpinan murid-murid Spalza 14. (Tito)

Bagikan Ke:

Populer