+62 24 7476157
humas@smp-alazhar14.sch.id
Jl. Klentengsari no.1 Banyumanik Semarang
SMP Islam Al Azhar 14 Semarang Sabet Dua Medali Perak OSA Al Azhar Se-Indonesia bag. 2
blog-img
18/01/2021

SMP Islam Al Azhar 14 Semarang Sabet Dua Medali Perak OSA Al Azhar Se-Indonesia bag. 2

Web Admin | Berita

SMP Islam Al Azhar 14 sebagai bagian dari sekolah Al Azhar se-Indonesia yang berlisensi dengan YPI Al Azhar Jakarta mengikuti program kegiatan OSA ke-13 tahun 2021  yang dilaksanakan secara daring atau online pada masa pandemi covid 19. Sejak mendapat informasi pelaksanaan OSA tanggal 15 Januari 2021, mulai bulan Agustus 2020 SMP Islam Al Azhar 14 prepare untuk mengikuti lomba tersebut.

Bu Widji Fariyani, S.Pd mendapat tugas sebagai koordinator OSA mulai menyiapkan kandidat dan pembinaannya. Melalui pengarahan Kepala SMP, Ibu Nur Faizah, M.Pd., koordinator OSA dan koordinator ekskul Pak Juhan Apri Aminanto, S.Pd mulai menyiapkan jadwal pembinaan dan seleksi kandidat. Kandidat OSA diambil dari murid-murid yang mengikuti bimbingan belajar (bimbel) OSN . Peserta bimbel OSN diambil melalui penawaran pada murid-murid yang berminat mengikuti OSN  dengan proses seleksi melalui program bidang kemuridan. Proses seleksi peserta OSN diadakan bulan Agustus tahun 2020 bekerjasama dengan Lembaga bimbel Genio, diambil 7-8 peserta tiap bidang studi yaitu IPS, Matematika, dan IPA. Data peserta OSN pada akhir September sudah diumumkan. Semua proses seleksi melalui online dikarenakan kondisi pandemi covid 19.

Mulai bulan Oktober tahun 2020 bimbel dengan Lembaga Genio dimulai dengan jadwal bimbel via daring. Bimbel via daring diagendakan tiap hari Rabu pukul 12.30 – 14.30 (120 menit) didampingi pendamping bidang studi IPS Bu Widji, bidang studi matematika Pak Afif, dan bidang studi IPA Pak Adi. Untuk memudahkan koordinasi antara pendamping, peserta, tentor Genio, dan koordinator ekskul diwadahi group WA. Pendamping selalu mendampingi dan memantau kehadiran, keaktifan, dan ketertiban peserta.

Awal November, 9 dan 10 November 2020 diselenggarakan kegiatan pembekalan bagi guru bidang studi yang dilombakan yaitu guru IPS, Matematika, dan IPA oleh YPI Al Azhar sebagai bekal pendampingan bagi peserta OSA.

Setelah bimbel berjalan 1 bulan (4 kali), diadakan seleksi untuk menentukan kandidat OSA. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan menerapkan keadilan, diadakan seleksi berupa tes. Setelah tes dipilih peringkat 3 teratas. Tes Seleksi diadakan pada awal November tahun 2020. Terpilihlah kandidat OSA bidang studi IPS yaitu Naswa Alifia Putri (kelas 8E), Kanzeqi Daffa Lovinz Kacaribu (kelas 8C), dan Achmad Rasyid Pranata (kelas 8C). Kandidat bidang studi Matematika adalah Innaya  Putri Shaqilla (kelas 8D), Ismail Nailur Ridho (kelas 8C), dan Kayla Hani Meira. Kandidat  IPA adalah Raffanata Egbert Mahardika (kelas 8A), Rajendra Mangaraja Paramarthaarga (kelas 8A), dan Medina Safira (kelas 7E). Untuk memudahkan koordinasi, informasi , dan memberikan motivasi dibentuklah group WA .

Bimbingan belajar dengan Lembaga Genio secara rutin diagendakan dan ditambah pembinaan dengan dosen UNNES dijadwalkan 8-10 kali mulai bulan November sampai tanggal 13 Januari 2021.Selama 4 kali pembinaan dengan dosen UNNES dijadwalkan via tatap muka /offline dengan menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan, atas ijin orangtua) di sekolah .Pertemuan ke-5 diadakan via daring mulai tanggal 4 – 13 Januari 2021 pukul 08.00 – 11.00 yang mengacu edaran dinas untuk PSBB Jawa dan Bali.

Tanggal 8 Januari 2021 diadakan pertemuan zoom meet antara koordinator, pendamping, kepala sekolah, dan panitia OSA YPI Al Azhar pukul 09.30 membahas persiapan pelaksanaan OSA.Ibu Nur Faizah, M.Pd selaku Kepala sekolah dan Ibu Widji Fariyani, S.Pd sebagai Koordinator sekaligus pendamping turut serta dalam zoom meet tersebut.

Semua peserta, pendamping, dan koordiator mengikuti tecnical meeting via daring pada hari Senin, 11 Januari 2021 pukul 08.00 s.d. 09.00 WIB untuk IPA dan Matematika, pukul 10.00 s.d. 11.00 WIB untuk IPS dilanjutkan simulasi  semua peserta pukul 13.00 WIB. Melalui group WA, panitia OSA dan koordinator OSA selalu update berbagi informasi tentang juknis, simulasi, dan pelaksanaan lomba. Alhamdulillah, kandidat OSA Spalza  bisa mengikuti simulasi dengan baik melalui group WA. Sekitar pukul 16.00 WIB ada informasi dari panitia bahwa Naswa Alifia Putri tercatat sebagai peserta yang tidak ikut simulasi. Berdasarkan informasi panitia, Bu Widji selaku koordinator OSA dan pendamping mata pelajaran IPS melakukan kroscek pada Naswa. Melalui japri WA ke Naswa , menginformasikan bahwa  ketika simulasi loading internet  lama dan ketika submit jawaban juga lama akhirnya di-refresh, naswa berinisiatif untuk mencatat di histori sebagai bukti bahwa sudah mengikuti simulasi. Kemungkinan karena di-refresh maka tidak terkirim jawabannya.

bersambung ....

Bagikan Ke:

Populer