Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Peristiwa Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab, yang pada tahun 2022 jatuh pada Senin, 28 Februari 2022 diperingati di Spalza 14 pada hari Jumat, 11 Maret 2022. Acara kali ini digelar dalam bentuk talk show on line yang diikuti oleh seluruh civitas akademika Spalza 14. Talk show dibagi menjadi lima kelompok, yakni kelompok A, B, C, D, dan E. Kelas 8C peroleh kolompok  sesuai nama belakang kelas, yaitu kelompok C. Adapun MC nya dipandu oleh Bu Fitri, walas 9C. Sedangkan host talk show adalah Pak Obin, dan sebagai narasumber adalah Pak Edi.

Isra Mi’raj sendiri merupakan hari untuk memperingati perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Agung di Mekkah menuju Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, yang ditempuh hanya dalam waktu semalam. Dalam perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW mematuhi perintah Allah untuk menjalankan ajaran Islam dan mengajarkan tentang keesaan tuhan kepada umat manusia..

“Peristiwa Isra Mi’raj terjadi karena pada saat peristiwa tersebut, Nabi Muhammad sedang dalam keadaan sedih, atau disebut tahun kesedihan, karena meninggalnya ayah serta pamannya. Maka dari itu, pada satu malam, Allah memberikan perjalanan pada hambanya,” terang Pak Edi.

Beliau menambahkan, keutamaan Isra Mi’raj adalah untuk meningkatkan jiwa spiritual dengan kebesaran-kebesaran Allah yang telah tercantum dalam Al-Qur’an. Amalan utama pada hari Isra Mi’raj adalah salat, selawat, dan amalan baik lainnya yang memberi hikmah untuk taat kepada perintah Allah.

“Membaca Al-Qur’an, perbanyak salat sunnah hingga berselawat, serta amalan-amalan baik lainnya adalah cara kita sebagai umat muslim untuk mendapatkan rahmat dari Allah. Menjaga kekhusyukan salat, serta meningkatkan iman dan takwa adalah sedikit dari banyaknya hikmah dibalik Isra Mi’raj,” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.