MPLS: Ajang Pengenalan Murid Baru di Lingkungan Sekolah

Murid baru dengan kartu warna hijau tergantung di leher sebagai identitas mereka berseliweran di beberapa tempat di Spalza 14, Kamis-Selasa (14-19 Juli 2022) dipandu kakak OSIS-MPK, mereka berkenalan dengan guru, karyawan, dan lingkungan sekolah. Kegiatan eksplore lingkungan sekolah ini memahamkan murid baru akan lingkungan baru. Agar lebih mengenal dan memahami seluk-beluk sekolah.

Tak hanya eksplore lingkungan sekolah, demo ekstra kurikuler juga digelar untuk meperkenalkan sekaligus ajang promosi kepada murid baru agar tertarik masuk eskul sesuai dengan pasion dan minat mereka.

Demo Eskul Spalza 14 digelar Senin, 18 Juli 2022 ini sangat meriah. Demo Eskul Tersebut bertempat di lapangan basket kampus Spalza 14 dan diikuti oleh seluruh civitas akademika Spalza 14. Eskul yang didemokan di lapangan basket ada Pramuka, Band, Tilawah, dan Gitar. Ada juga yang didemokan di aula karena butuh tambahan gadget LCD, yaitu Art Skill, Jurnalistik, videografi. Selain demo eskul ada juga unjuk kebolehan lomba yang menjadi juara, seperti pidato Bahasa Indoensia dan Bahasa Jawa, stand up komedi Bahasa Jawa, Solo gitar, dan Band. Ada satu kegiatan “dadakan” yang juga mampu memukau audiens. Apa itu? Fashion show seragam sekolah. Bahkan ada yang tidak latihan sama sekali, asal maju aja. Namun, hasilnya luar biasa dan aplaus penonton luar biasa. “Tunjukkan karyamu, maka dunia akan berpihak kepadamu”, Itu menjadi kata- kata penyemangat buat murid-murid Spalza 14.

Materi-materi tentang pengenalan terhadap nilai-nilai sosial, tata tertib di sekolah, pemberdayaan ruang terbuka yang memang luas untuk tempat tanaman empon-empon yang dibawa murid untuk dirawat selama bersekolah di Spalza 14, serta pengenalan terhadap masyarakat sekolah, sehingga murid baru mendapatkan gambaran umum tentang sekolah barunya dan dapat segera menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan tradisi serta budaya di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang juga menjadi serangkaian kegiatan MPLS.

Dasar hukum MPLS Spalza 14 sudah tertuang dibeberapa dokumen, yaitu Kalender Pendidikan YPI Al Azhar tahun Pelajaran 2022/2023, Program Kerja Tahunan SMP Islam Al Azhar 14 Semarang tahun Pelajaran 2022/2023, UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No 13 2015 Perubahan kedua atas PP 19 / 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendiknas no 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud no 23 tahun 2013 tentang Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti, Permendikbud no 64 tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Roko di Lingkungan Sekolah, Permendikbud no 82 tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, Permendikbud no 18 tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Kementrian dan Kebudayaan RI NoMOR 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, Program Nasionalisme dan Karakter Dinas Pendidikan Kota Semarang tahun 2016.

Tujuan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diantaranya adalah murid dapat memahami, menghayati dan melaksanakan visi dan misi pendidikan di sekolah Al Azhar. Murid dapat memahami dan melaksanakan tata kehidupan yang islami di sekolah dalam rangka pelaksanaan wawasan wiyata mandala. Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakurikuler di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang dan Evaluasi dari seluruh kegiatan yang ada di sekolah. Mempersiapkan murid berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler. Memberikan wawasan kepada murid baru sebagai wahana pengembangan diri menjadi murid yang cakap, tanggal dan patuh terhadap tata tertib sekolah. Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah. Membangun Silaturahmi dengan sesama warga sekolah.

Selama kegiatan, alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti. Kegiatan tahuan tersebut semoga memberi kebermanfaatan buat murid untuk belajar dengan nyaman dan gembira.

(Tim Humas)

Leave a Comment

Your email address will not be published.